Asal Usul Sepulu



        Sepulu (bahasa madura sepolo) adalah nama  Desa (Ds. Sepulu). Ds. Sepulu ini terletak di pinggiran pantai yang sebelah baratnya berbatasan dengan Ds. Maneron yang masih dalam ruang lingkup kecamatan Sepulu, sebelah selatan berbatasan dengan Ds. Kalabetan, sebelah timur berbatasan dengan Ds Prancak, sedangkan sebelah utara adalah hamparan laut lepas. 


Sepulu juga nama sebuah kecamatan (Kec. Sepulu). Sebelah timur berbatasan dengan kecamatan.Tanjung Bumi. Sebelah Selatan berbatasan dengan kecamatan Kokop dan Geger.sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Klampis dan  Sebelah utara adalah hamparan laut lepas.

Ds. Sepulu menjadi pusat pemerintahan dalam ruang lingkup kecamatan sepulu,sehingga tidak heran kalau kantor kecamatan, kantor polisi, minimarket,puskesmas,pasar dan pertokohan-pun ada di desa tersebut.

Berbicara Sejarah mengenai Asal Usul  Sepulu ada beberapa versi yang beredar di masyarakat  berikut sejarahnya :
  1. Sepulu berasal dari pulau kecil, yang kalau orang Madura menyebutnya poloh, konon daerah ini jika terjadi air laut pasang akan membentuk 1 pulau kecil ( sepulau ) sehingga masyarakat menamainya sepulu.
  2. Sepulu berasal dari jumlah sumur-sumur yang dulunya dikeramatkan dan biasa dijadikan sumber air minum oleh masyrakat sekitar, rasanya begitu enak dibandingkan sumber air lainnya, sepanjang tahun airnya tak pernah kering, sumur-sumur itu berjumlah Sepuluh (Sepulu). maka di namakanlah Sepulu. sampai saat ini sumur-sumur itu sebagian masih difungsikan dengan baik.
  3. Sepulu diambil dari jumlah santri yang dulu pernah datang ke wilayah tersebut. konon, ada 10 santri (musafir) pengelana yang berasal dari arah barat, berjalan di pinggir pantai dan sesampai di sebuah tempat, kesepuluh santri tersebut  menetap, kemudian tempat menetap kesepuluh santri tersebut dinamakan sepulu.



No comments:

Post a Comment